Adaro
Mining
Adaro
Services
Adaro
logistics
Adaro
Power
Adaro
Water
Adaro
Land
Adaro
Capital

Adaro Services adalah segmen pilar Adaro Energy yang menaungi semua perusahaan Grup Adaro yang beroperasi sebagai penyedia jasa pertambangan, dengan berbagai jenis layanan, dari eksplorasi, engineering, kontrak pertambangan, sampai pemasaran dan perdagangan. Perusahaan-perusahaan di segmen ini terutama melayani perusahaan-perusahaan Grup Adaro yang menjalankan operasi pertambangan.

 

PT Saptaindra Sejati

PT Saptaindra Sejati (SIS) adalah salah satu kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia dengan berbagai layanan yang meliputi kontrak pertambangan, rencana tambang, pekerjaan sipil, pembangunan infrastruktur, dan logistik darat. Pelanggan utama SIS adalah Adaro Indonesia, Balangan Coal Companies, dan Maruwai Coal (anak perusahaan PT Adaro Minerals Indonesia Tbk).

SIS terus berinvestasi pada alat berat untuk meningkatkan kapasitas peralatan, yang dibutuhkan untuk memenuhi peningkatan target para pelanggannya. Karena semua pelanggan SIS bergerak di industri pertambangan batu bara, kinerja operasionalnya berkorelasi langsung dengan industri ini. Pada tahun 2023, permintaan batu bara termal masih tinggi dan operasi pertambangan batu bara Grup Adaro melanjutkan mencatat rekor baru dalam sejarahnya. Dengan demikian, SIS sebagai kontraktor pertambangan utama Grup Adaro juga mencatat kenaikan produksi, terutama pengupasan lapisan penutup.

 

Kinerja Kesehatan dan Keselamatan

Kerja Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan bagian yang sangat penting pada operasi pertambangan. Pada tahun 2023, SIS mencatat LTIFR dan SR masing-masing 0,02 dan 1,24, yang lebih baik daripada 0,04 dan 3,47 yang tercatat pada tahun 2022. Kinerja kesehatan dan keselamatan ini mendapatkan beberapa penghargaan seperti:

  • Zero Accident Awards dari Menteri Ketenagakerjaan (pada area kerja Adaro Indonesia, Balangan Coal Companies, dan Maruwai Coal)
  • Peringkat Emas untuk Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS di Tempat Kerja dari Menteri Ketenagakerjaan (pada area kerja di Adaro Indonesia)
  • Peringkat Emas untuk Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 dari Menteri Ketenagakerjaan (pada area kerja di Adaro Indonesia dan Maruwai Coal)
  • Zero Accident Awards dari Gubernur Kalimantan Selatan (pada area kerja Adaro Indonesia dan Balangan Coal Companies)
  • Zero Accident Awards dari Gubernur Kalimantan Tengah (pada area kerja Maruwai Coal)

  

Keunggulan Operasional dan Praktik Pertambangan yang Baik

Pada tahun 2023, SIS mencatat volume pengupasan lapisan penutup sebesar 223,1 juta bcm, atau naik 18% y-o-y dan volume produksi batu bara 60,9 juta ton, atau naik 2% y-o-y. Kegiatan operasional SIS pada tahun 2023 didukung dengan lebih dari 2.600 unit alat berat, di antaranya ekskavator kelas 120 ton sampai dengan 400 ton, dump truck berkapasitas 100 ton sampai dengan 200 ton, dan set trailer berkapasitas 135 ton. SIS berhasil mempertahankan tingkat ketersediaan fisik 93% untuk peralatannya, di atas parameter operasional standar dan ketersediaan utilisasi sebesar 59%.

SIS mempertahankan keunggulan operasional melalui digitalisasi manajemen armada serta berbagai inisiatif lainnya seperti optimalisasi seluruh peralatan produksi dan pendukung, peningkatan usia komponen dan peralatan, dan efisiensi biaya secara signifikan. Selain itu, SIS juga menerapkan praktik pertambangan yang baik (GMP) dalam operasinya, yang telah mendapatkan pengakuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam bentuk penghargaan GMP award untuk aspek Pengelolaan Standarisasi serta Usaha Jasa Pertambangan, dimana SIS mendapatkan peringkat Aditama (atau Emas) untuk area kerja Adaro Indonesia dan peringkat Utama (atau Perak) untuk area kerja Maruwai Coal dan pihak ketiga.

 

Digitalisasi Sistem Manajemen Armada

Untuk pengupasan lapisan penutup di Adaro Indonesia, SIS telah menggunakan sistem armada yang dikelola secara digital (fleet management system-FMS digital) untuk mengendalikan lebih dari 35 ekskavator dan 400 dump truk secara real time, dengan jarak tempuh melebihi 5 km. FMS digital adalah serangkaian perangkat berbasis teknologi informasi yang terdiri dari panel monitor yang dipasang di alat berat, software, dan dashboard aplikasi yang diawasi oleh dispatcher dari ruang kontrol dengan dukungan server dan jaringan internet. Keunggulan utama sistem ini adalah automatic assignment (optimizer) yang dapat secara otomatis menugaskan operator dump truk sesuai perhitungan yang paling optimal menurut sistem.

Dashboard FMS digital menunjukkan informasi mengenai unit-unit yang sedang beroperasi, idle, ataupun rusak, kondisi kelaikan unit armada, data produksi unit (loader/ ekskavator dan truk), kinerja (waktu loading, waktu tempuh ke area disposal, waktu dumping, spotting time truk), dan ketersediaan operator, yang dapat digunakan sebagai input untuk perbaikan, misalnya berdasarkan laporan kinerja alat berat, pengawas dan operator, serta deviasi operasional.

Implementasi FMS digital telah menghasilkan perbaikan kondisi operasional, di antaranya pada area tambang, kompetensi pengawas dan operator, serta produktivitas dan efisiensi melalui optimalisasi tingkat utilisasi alat berat, serta mengurangi kebutuhan jumlah truk sebanyak 15 unit sejak Oktober 2023, maupun mengurangi hanging time ekskavator (lamanya waktu ekskavator dalam posisi idle ketika menunggu dump truk tiba untuk diisi muatan berupa lapisan penutup). Dengan demikian digitalisasi FMS berkontribusi terhadap efisiensi biaya yang menjadi salah satu faktor utama keberlanjutan SIS di jangka panjang.

 

Sumber Daya Manusia

SIS berpartisipasi pada program-program sumber daya manusia Grup Adaro dalam hal rekrutmen, pelatihan, maupun rencana suksesi. Tak kalah pentingnya adalah program pemberdayaan karyawan melalui budaya inovasi yang ditanamkan di seluruh perusahaan Grup Adaro, yang salah satunya menghasilkan inovasi dari tim operations yang berhasil menurunkan konsumsi bahan bakar dengan mengurangi idle time ekskavator, meningkatkan kecepatan dump truk, dan meningkatkan penyebaran lapisan penutup di area disposal untuk meningkatkan lalu lintas dump truk. Inovasi ini berhasil mengurangi rasio bahan bakar dari 0,49 liter/bcm/km menjadi 0,44 liter/bcm/km di salah satu area kerjanya, yang bahkan lebih rendah daripada 0,46 liter/bcm/km yang ditetapkan sebagai target proyek inovasi ini. Pencapaian ini berperan penting bagi keunggulan operasional SIS dengan mengurangi biaya bahan bakar maupun emisi gas rumah kaca.

Selain itu, beberapa karyawan SIS juga memenangkan dua peringkat Platinum dan satu peringkat Emas pada acara Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-27 yang diikuti 562 tim dari 182 perusahaan Indonesia. Acara ini adalah ajang inovasi di bidang mutu dan peningkatan produktivitas untuk perusahaan-perusahaan di berbagai sektor.

 

Inisiatif Keberlanjutan

SIS telah menerapkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan keberlanjutan, yakni penggunaan biosolar, program elektrifikasi terutama untuk pompa listrik di sistem dewatering, beberapa sistem untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi emisi. SIS akan terus melihat peluang pengurangan emisi sebagai bagian inisiatif hijau dan berkontribusi terhadap target ENDC (enhanced nationally determined contribution) Indonesia.

 

PT Adaro Jasabara Indonesia (AJI)

PT Adaro Jasabara Indonesia (AJI) adalah perusahaan jasa yang menawarkan beberapa bidang keahlian, meliputi eksplorasi, perencanaan strategis tambang, dan enjiniring dengan berperan penting untuk mendukung manajemen AEI maupun anak-anak perusahaannya dengan rekomendasi dan nasihat untuk memaksimalkan manfaat dari sumberdaya dan cadangan batu bara, serta mengoptimalkan pengembangan maupun penggunaan fasilitas pendukung.

Selain mengkaji rencana tambang jangka panjang Grup Adaro, pada tahun 2023, AJI juga melaksanakan berbagai proyek seperti rehabilitasi pelabuhan Kelanis dan proyek perbaikan di Adaro Indonesia serta mendukung upaya peningkatan produksi dan pengembangan strategis PT Adaro Minerals Indonesia Tbk., PT Mustika Indah Permai, dan Balangan Coal Companies, yang di antaranya terdiri dari penambahan delineasi sumberdaya dan cadangan, upgrade jalan, ekspansi pelabuhan dan penyimpanan bahan bakar, serta dukungan enjiniring lainnya di lokasi masing-masing.

 

Adaro International (Singapore) Pte. Ltd. (AIS) Adaro International (Singapore) Pte. Ltd. adalah anak perusahaan AEI dengan kegiatan utama sebagai trader batu bara dan agen pemasaran dari kantornya di Singapura. Dengan menyediakan layanan keagenan, AIS berperan strategis dengan memberikan Grup Adaro akses ke jaringan pemasaran internasional dan mengawasi tren global dan regional dari produksi, pasokan, permintaan dan harga batu bara.

Selain melayani Grup Adaro sebagai klien utamanya, AIS terus berupaya memperluas jaringannya di pasar batu bara global, khususnya di pasar batu bara metalurgi global. Meskipun harga batu bara turun pada tahun 2023, AIS masih dapat memanfaatkan lokasinya yang strategis untuk mendukung upaya penjangkauan pasar yang dilakukan Grup Adaro.

Terakhir update pada Jumat, 31 Mei 2024 / 20:44 WIB | 514451